Nasional

BBM Naik, Pemerintah Jamin Stok Pangan `Aman-aman` Saja

Jakarta : Menjelang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang direncanakan mulai 17 Juni 2013, pemerintah menjamin pasokan bahan pangan dan pokok cukup hingga akhir tahun 2013. 
 
Demikian pula masyarakat diminta tak perlu khawatir akan pemenuhan kebutuhannya menghadapi hari-hari besar hingga tahun baru nanti.
 
Ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa setelah penutupan acara pertemuan Yatim ASEAN di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (8/6/2013).
 
"Kita nanti memberikan jaminan pasokan cukup. Semua pasokan untuk bahan pangan, bahan pokok, kebutuhan masyarakat, kita sampai dengan akhir tahun terutama menjelang Lebaran, Natal dan tahun baru itu kita jamin cukup," ujar dia.
 
Hatta mencontohkan, beras yang menjadi komoditi pangan utama tanah air juga dipastikan cukup. Tak hanya pasokan, harga beras juga dipastikan akan stabil. 
 
"Kita antisipasi (harga). Anda tahu sekarang beras kita cukup. Beras tak akan bergejolak. Kita akan intervensi pasar kalau dia (harga beras) naik," janji Hatta.
 
Meski begitu, Hatta tak membantah jika terjadi kenaikan harga pangan seperti jengkol belakangan ini. "Memang ada harga-harga yang meningkat hingga 32% seperti harga jengkol," kata dia.
 
Hatta menuturkan, sesuai ketentuan apabila sesuatu kebutuhan masyarakat seperti rumah tangga, melebihi 0,01% dari total konsumsinya maka dia mempengaruhi indeks harga konsumen.(rep03)